Fenomena Melejitnya Muallaf di Inggris

Posted on Januari 4, 2011

0



LONDON (Berita SuaraMedia) – Jumlah warga Inggris yang memilih untuk menjadi Muslim telah meningkat dua kali lipat dalam satu dekade terakhir, menurut salah satu upaya paling komprehensif untuk memperkirakan berapa banyak orang yang sudah memeluk Islam.

Menyusul penyebaran global kekerasan, Muslim Inggris menghadapi lebih banyak pengawasan, kritik, dan analisis daripada komunitas agama lain. Meski demikian, terlepas dari seringnya penggambaran negatif tentang Islam, ribuan orang Inggris mengadopsi agama ini setiap tahunnya.

Memperkirakan jumlah muallaf yang tinggal di Inggris selalu sulit karena data sensus tidak membedakan antara apakah seseorang yang relijius telah memeluk agama baru atau terlahir demikian. Estimasi sebelumnya menempatkan jumlah muallaf Muslim di Inggris pada angka antara 14.000 dan 25.000 orang.

Tapi sebuah studi baru oleh lembaga pemikir antaragama Faith Matters mengatakan bahwa jumlah sesungguhnya bisa mencapai 100.000, dengan 5.000 muallaf baru setiap tahun di seluruh negeri.

Dengan menggunakan data dari sensus orang Skotlandia tahun 2001, para peneliti memperkirakan bahwa terdapat 60.699 muallaf yang hidup di Inggris pada tahun itu. Peneliti melakukan jajak pendapat di Masjid-masjid London untuk berusaha menghitung berapa banyak perpindahan agama yang dilakukan dalam satu tahun. Hasilnya memberikan angka sebesar 140.000 orang di ibukota dalam 12 bulan terakhir, yang jika ditarik ke tingkat nasional akan berarti sekitar 5.200 orang masuk Islam setiap tahun.

Angka itu bisa dibandingkan dengan studi di Jerman dan Perancis yang menemukan bahwa terdapat sekitar 4.000 perpindahan agama dalam satu tahun.

Fiyaz Mughal, direktur Faith Matters, mengakui bahwa menemukan estimasi yang dapat diandalkan tentang jumlah muallaf Muslim adalah sulit. “Laporan ini adalah tebakan yang paling baik dengan menggunakan angka sensus, data otoritas lokal, dan jajak pendapat dari Masjid,” ujarnya.

“Meski demikian, hanya segelintir orang meragukan bahwa jumlah pemeluk Islam baru di Inggris telah meningkat drastis dalam 10 tahun terakhir.”

Ketika ditanya mengapa orang-orang berpindah agama dalam jumlah begitu besar, dia menjawab, “Saya rasa pasti ada hubungan antara meningkatnya perpindahan agama dan keunggulan Islam dalam domain publik. Orang-orang tertarik untuk mencari tahu apa itu Islam dan ketika mereka melakukannya mereka pergi ke arah yang berbeda. Sebagian besar kembali ke kehidupan mereka tapi beberapa akan menjadi sangat menyukai apa yang mereka temukan dan berpindah agama.” (rin/ip) www.suaramedia.com

Posted in: Uncategorized