ASI Cerdaskan Bayi Laki-laki

Posted on Januari 15, 2011

0



Adakah nutrisi yang bisa merangsang kemampuan otak bayi? Jawabannya ada, yakni air susu ibu (ASI). Riset termutakhir menemukan bayi yang mendapat ASI selama 6 bulan pertama memiliki kemampuan akademik lebih baik dibanding yang tidak diberi ASI.

Penelitian dilakukan di Australia terhadap 1.038 bayi yang mendapatkan ASI dari ibunya. Di usia 10 tahun, bayi-bayi yang mendapat ASI tersebut lebih unggul di bidang matematika, membaca, menulis dan mengeja. Akan tetapi hasil yang menonjol tersebut hanya terlihat dari bayi laki-laki yang diberi ASI.


Ketua peneliti, Wendy H.Oddy, ahli nutrisi dari University of Western Australia mengatakan perbedaan tingkat kecerdasan pada bayi laki-laki dan perempuan ini belum jelas. “Dugaan sementara ini terjadi karena anak laki-laki lebih rentan pada stres sedangkan hormon perempuan memiliki efek perlindungan,” katanya.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Pediatrics ini memiliki beberapa kekuatan. Para ahli mengikuti perkembangan anak-anak sejak dalam kandungan dan memiliki jumlah sampel yang besar. Data juga dikumpulkan sejak para ibu akan berhenti menyusui sehingga tingkat akurasinya cukup tinggi. Di lain pihak, para peneliti kesulitan mengukur faktor-faktor lain yang memengaruhi durasi menyusui.

Posted in: kesehatan