Cara-cara Mudah Plus Murah Hidup Sehat

Posted on April 14, 2011

0



ILUSTRASI: Siapa bilang hidup sehat harus mahal? Tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis, Anda berhak untuk kesehatan yang baik. (foto: Google)

Siapa bilang hidup sehat harus mahal? Tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis, Anda berhak untuk kesehatan yang baik.

Setidaknya ada 6 cara hidup sehat tanpa perlu mengeluarkan biaya. Ongkos yang diperlukan mungkin hanya melawan malas.

Berikut 6 cara hidup sehat yang tidak perlu mengeluarkan biaya, seperti dilansir Menshealth.com:

1. Bersosialisasi
Sebuah studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria berusia 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung.

2. Menarik napas dalam
Studi dari Health Psychology menemukan bahwa orang dewasa sehat dengan tingkat kebencian atau tidak sabar memiliki fungsi paru-paru yang rendah. Para peneliti berpikir bahwa penurunan nilai tersebut akan terakumulasi secara bertahap selama bertahun-tahun hingga akhirnya merugikan kesehatan.

Untuk mengatasinya, sering-seringlah menarik napas dalam dengan hitungan 10 kali. Hal ini bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi paru-paru.

3. Berjemur sinar matahari
Sebuah studi baru-baru ini dipimpin oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria yang memiliki kadar vitamin D yang rendah dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung.

Dengan mandi atau berjemur matahari di bawah jam 10 pagi atau setelah jam 15 (jam 3 sore) bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit mematikan tersebut.

4. Berhubungan seks yang sehat
Penelitian dari Wilkes University menunjukkan bahwa berhubungan seks sehat sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan level imunoglobulin A, yaitu sebuah antibodi yang melindungi tubuh terhadap flu dan infeksi lainnya.

5. Tidur yang cukup
Peneliti Stanford menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari, memiliki indeks massa tubuh atau BMI yang berbanding terbalik dengan durasi tidur. Dengan kata lain, orang dengan waktu tidur pendek lebih cenderung untuk menjadi gemuk.

Tidur dengan waktu singkat juga terkait dengan rendahnya tingkat leptin (hormon yang menekan nafsu makan) dan tingkat ghrelin lebih tinggi (zat kimia yang merangsang nafsu makan). Inilah yang menyebabkan orang yang kurang tidur menjadi lebih banyak makan.

6. Olahraga dan bergerak
Melakukan olahraga yang tidak mengeluarkan biaya seperti jogging atau jalan kaki sudah bisa membuat tubuh Anda sehat dan mencegah menumpuknya lemak dan kalori. Setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik di tahun baru termasuk dalam masalah kesehatan. Apa yang harus dilakukan agar bisa lebih sehat di tahun 2010?

Saat pergantian tahun banyak resolusi yang ingin diwujudkan seperti menurunkan berat badan atau lebih rajin dalam berolahraga. Tapi terkadang hal tersebut sulit sekali untuk dilakukan.

Sedangkan seperti diberitakan dari New York Times, Dr Mehmet Oz memberikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar di tahun 2010 menjadi lebih sehat, yaitu:

1. Komitmen untuk meluangkan waktu makan bersama keluarga.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota, Harvard and Rutgers didapatkan bahwa anak-anak dan remaja yang memiliki kebiasaan makan bersama dengan keluarga cenderung akan banyak mengonsumsi sayur, buah, kalsium, vitamin dan gizi yang lebih baik serta sedikit junk food. Selain itu juga menurunkan risiko berperilaku buruk seperti merokok, alkohol dan narkoba.

2. Melakukan yoga selama 7 menit sehari.
Dengan melakukan yoga selama 7 menit setiap harinya, maka orang tersebut akan memiliki teknik pernapasan yang lebih baik, lebih santai serta dapat mengendalikan emosi dan pikirannya. Yoga ini bisa dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan tidak ada salahnya untuk bangun sedikit lebih awal.

3. Membiasakan tidur lebih awal.
Orang dewasa yang tidak mendapatkan waktu istirahat cukup berisiko terkena serangan jantung, stroke dan obesitas dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu istirahat cukup. Disarankan orang dewasa memiliki waktu tidur antara 7-8 jam dan sudah bersiap untuk istirahat setangah jam sebelumnya.

4. Buatlah sedikit ruang di depan televisi.
Membuat resolusi untuk mengurangi jadwal menonton televisi adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Sebaiknya gunakan waktu menonton televisi sambil melakukan hal yang menyehatkan. Misalnya dengan melakukan olahraga di depan televisi, seperti treadmill, sit up, push up atau aerobik. Jadi seseorang bisa melakukan dua kegiatan sekaligus.

5. Menyediakan camilan yang sehat.
Terkadang sebelum tiba waktu makan siang atau makan malam perut sudah terasa lapar, sehingga banyak orang yang menyelingi waktu tersebut dengan mengonsumsi camilan. Pilihlah camilan yang mengandung kadar gula dan lemak rendah, seperti yogurt, puding atau irisan buah segar.

6. Berikan waktu 2 minggu.
Apapun resolusi yang ingin dicapai di tahun 2010 nanti, pastikan seseorang melakukannya minimal selama dua minggu. Karena dalam waktu 2 minggu otak manusia melakukan proses untuk membuat suatu keputusan mengenai impian yang ingin dicapai. Jika dalam waktu dua minggu hal tersebut bisa berjalan dengan baik, maka impian tersebut bsia saja terwujud.

Tapi diantara semua tips tersebut, hal yang paling penting adalah niat kuat agar bisa memiliki tubuh yang jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis. (fn/dt/id) www.suaramedia.com

Posted in: kesehatan