(Cerita Horor) Misteri Sungai Cipunagara

Posted on April 18, 2011

0



Sebenernya ni pengalaman bokap gue, dan ini cerita kira2 kejadiannya sekitar tahun 94an lah. Cerita ni bermula ketika gue sekeluarga (Bonyok, kaka ma ade gue) bermukim sementara di daerah Subang (Jawa Barat) tempat nenek gue (Ibunya bokap), sementara bokap ngurus2 surat pindah ke Cijantung. Sebelumnya gue sekeluarga tinggal di Maros (Sulawesi), karna bokap waktu itu lagi tugas di Timor2. Nah di daerah tempat nenek gue ada sebuah sungai, namanya sungai Cipunagara, kalo liat peta Jawa Barat, tu sungai keliatan ko dipeta. Kalo di daerah nenek gue sungai tersebut lebar dan curam, kalo dipikir2 ga kalah jauh kaya green canyon he..he..he.. Airnya lumayan jernih pas musim panas dan didukung dengan pemandangan sekitarnya yg menyejukkan.

Di dekat sungai tersebut tidak ada pemukiman warga, yang ada cuman kebun2, sawah, sama pohon2 besar, jadi masih terkesan hutan, kalo kata orang2 disana disebut dengan istilah kiumbar (hutan). Ada sebagian mata pencaharian penduduk sana sebagai penambang pasir di sungai Cipunagara tersebut. Warga di daerah tersebut juga mempunyai tradisi bahwa setelah Adzan Magrib semua aktifitas di dekat sungai tsb dihentikan.

Singkat cerita, waktu itu didaerah nenek lagi mendekati musim panen, dan bila mendekati musim panen pasti banyak tikus2 sawah yg berkeliaran disana merusak padi. Nah bokap rencananya mau ngontrol sawah nenek gue selepas Isya, sekalian mau berburu tikus sawah, karna bokap berpikir tikus sawah pasti banyak keluar malam hari. Dan parahnya tu sawah nenek jalannya harus melewati makam dekat kebun mangga, kemudian menyusuri sungai Cipunagara, masuk kebun2 lagi yg byk pohon gede2 kaya pohon jati, baru nyampe ke sawah tsb. Padahal bokap udah dilarang ama nenek gue untuk pergi, dia tetep aja pergi dan hanya ditemani 2 ekor anjing peliharaan nenek gue, sementara paman ma ua gw (adik n kaka bokap) ga mau nemenin bokap, sungguh terlalu…

Selepas Isya berangkatlah bokap gw ma anjing2 tu. Baru aja bokap mau masuk kebun yg byk pohon2 gede dekat sungai Cipunagara, tiba-tiba 2 anjing yg dibawa bokap pada mepet2 kaki bokap dan keliatan seperti ketakutan sehingga bokap gw sulit untuk jalan. Dan seketika itu ada angin yg berhembus keras kearah bokap gw dan anjing2 bokap gw tanpa bersuara lari pontang panting balik kerumah ninggalin bokap, sampe2 bokap gw jatuh dan sulit berjalan karena angin tsb. Seiring dengan datangnya angin, pohon2 gede pada bergoyang2 dan muncul pula suara2 aneh, kayak pohon2 yg ditumbangin gitu, padahal bokap ga liat pohon tumbang n ada pula suara percakapan kaya suara segerombolan orang banyak saling sahut menyahut. Suaranya aneh2, ada suara binatang juga katanya, suaranya kadang jauh kadang deket. Diantara suara2 tsb ada suara percakapan yg jelas sekali bokap denger, katanya, “Ini anak ngapain malem2 ke Cipunagara? Mau mati?”. Kemudian ada yg nyahut lagi, “udah matiin aja” (Sebenernya ni percakapan pake bhs. Sunda).

Entah apa yg dipikirin bokap gw, mungkin karna bokap Kopassus (tentara elit no 3 di dunia/ wkt jaman Soeharto) cieee…eh bokap malah nantangin tu suara2 yg ngomongin bokap, kata bokap “Ayo turun kalo brani!! Saya hajar kalian smua” sambil bokap muter2 bambu di tangannya yg dibawa dari rumah dan mukulin ke pohon2 yg pada goyang2 tsb, selang beberapa menit bokap ngelakuin hal tsb, suara2 plus angin2 tsb ilang seketika itu juga n bokap langsung pergi ngontrol sawah nenek tanpa teman satupun.

Sesampainya di sawah nenek, bokap ga nemuin tikus sama sekali, bahkan sawah nenek gw rapih ga ada bekas tikus. Setelah bokap ngerasa cukup ngontrol sawah baru dia balik kerumah. Pas balik pun kata bokap setelah melewati kebun n sungai tsb aman2 aja ga ada gangguan sama sekali.

Sebenernya ni crita gw dengar dari nyokap karna bokap ga pernah mau cerita ke nenek ato paman2 gw. Dia cuman crita kalo di sungai tersebut ga ada apa2 n dia ga ngalamin apa2 pas ngontrol sawah.

Posted in: misteri