5 Iblis Dalam Mitologi Dunia

Posted on Mei 18, 2011

0



[UNIKNYA.COM]: Mitos memiliki arti cerita tentang dewa-dewa yang berhubungan dengan macam-macam kekuatan gaib (versi Kamus Besar Bahasa Indonesia Balai Pustaka). Sementara mitologi memiliki arti sebuah pengetahuan mengenai mitos. Berikut adalah mahluk-mahluk yang terdapat di dalam mitologi berbagai bangsa di dunia:

1. Lamashtu/Dimme (Mitos Bangsa Sumeria dan Mesopotamia)

Lamashtu merupakan sosok mahluk yang buas, menakutkan, dan jahat. Ia diceritakan sangat menyukai dan mengganggu perempuan yang sedang dalam masa kehamilan hingga sang jabang bayi keluar. Ia sangat suka menculik bayi saat sang ibu sedang menyusuinya. Ia akan menghisap darah, memakan daging hingga menguyah tulangnya. Beberapa keterangan lainnya menyatakan, Lamashtu memiliki kebiasana menjelajahi-meneror sungai dan danau, membunuh hewan ternak, menghisap darah lelaki, mengganggu mereka yang sedang tidur, menyebarkan penyakit, dan menciptakan mimpi buruk.

Sebegitu jahatnya Lamashtu, membuat para perempuan hamil dan pasangannya secara rutin memanggil mahluk lainnya, Pazuzu, ia adalah mahluk yang dapat memeberikan perlindungan dari Lamashtu. Dua mahluk gaib ini saling membenci satu sama lain. Pazuzu dikenal dengan simbol kesengsaraan dan kemarau, ia sangat takut terhadap keberadaan Lamashtu, sehingga berani menghadapi resiko apapun.

Lamashtu – Statue (sumber : 4.bp.blogspot)

2. Lady Midday/Pscipolnista, Poludnica, Polednice (Mitos Bangsa Slavia/slavic)

Sesosok setan perempuan yang cukup unik. Dia sering diceritakan menampakkan diri pada musim panas, dan mengganggu para pekerja tambang. Ia seringkali bertanya mengenai hal apapun, dan seandainya jawaban yang didapat dari para pekerja tersebut dianggapnya tidak benar , maka pekerja tersebut akan mendapatkan masalah. Dia seringkali dipersonifikasikan sebagai penggangu akibat serangan hawa panas, sehingga membuat pekerja kebingungan untuk beberapa saat. Menurut keterangan warga setempat, ia mewujudkan dirinya sebagai gadis belia, perempuan cantik, dan terkadang nenek-nenek.

lady midday (sumber : spacecollective)

3. Jikininki (Mitos Budha, Jepang)

Jikininki merupakan arwah simbol keegoisan, ketamakan, dan orang yang tidak beriman. Mereka disebutkan mendapatkan kutukan untuk memakan daging dan bangkai manusia. Tidak seperti siluman lainnya, mereka membenci keberadaan akan dirinya. Ada yang mengatakan bahwa mereka dapat mewujudkan dirinya sebagai manusia dan hidup layaknya manusia pula. Mereka tidak seperti Gakhi ataupun rakhsasa (hantu kelaparan), mereka merupakan mahluk yan sangat berbahaya.

Jikininki (sumber : baxleystamps)

4. Aka Manah, Akem Manah, Akoman, Akvan (Mitos Zoroaster, Persia)

Dikenal juga dengan nama Akem Manah (Manah mewakili sebuah pemikiran dan keburukan ataupun kejahatan). Bahkan Akem manah dinyatakan sebagai sebuah mahluk yang memiliki sifat dan watak seperti setan, nafsu jahat, dan keinginan liar. Tugasnya adalah mencegah manusia untuk berbuat kebaikan.

Aka Manah-Akem Manah (sumber : metrolic)

5. Abyzou, Abizou, Obizu, Obizuth, Obyzouth, and Byzou (Mitos Bangsa Yahudi)

Sesosok siluman perempuan yang dipercaya bertanggung jawab terhadap keguguran, gangguan janin, dan merusak moral para perempuan. Abyzou dipercaya mampu mengganggu kesuburan perempuan, sehingga muncul sebuah kesinpulam bahwa ia merupakan hantu pencemburu. Wujudnya menyerupai ular ataupun ikan.(**)

Abtzou (sumber : 1.bp.blogspot)

Sumber: Listverse, 2010

Posted in: uniknya