5 Seni Bela Diri Terpopuler di Dunia

Posted on Mei 18, 2011

0



Seni bela diri merupakan seni pertahanan diri dalam sebuah pertarungan. Ada berbagai alasan mengapa kita mempelajarinya, apakah itu untuk kesehatan, olahraga, pertahanan diri, membangun mental dan kepercayaan diri, meditasi dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 seni bela diri yang paling populer di dunia:

1. Karate

Dalam bahasa Jepang, Karate berarti tangan kosong. Saat ini Karate merupakan seni bela diri paling populer di dunia. Karate berasal dari kepulauan Okinawa dan baru dikenal di seluruh Jepang di awal tahun 1900-an. Saat itu Master Gichin Funakoshi memperkenalkan Karate sebagai seni bela diri yang sederhana dan mengandung filosofi yang kuat.

Karate

2. Tae Kwon Do

Seni bela diri yang terkenal dengan kekuatan tendangan ini, berasal dari Korea. Para praktisi Tae Kwon Do menyakini ukuran kaki yang lebih panjang daripada tangan, sangat menguntungkan dalam pertarungan. Meskipun demikian, Tae Kwon Do pun sebenarnya menggunakan tangan dalam prakteknya. Saat ini Tae Kwon Do digemari berbagai lapisan masyarakat tua muda di seluruh dunia.

Taekwondo

3. Judo

Judo yang mempunyai arti “secara lembut”, merupakan seni bela diri yang lahir di akhir abad ke-19 (1800-an) di Jepang. Seni bela diri ini diciptakan oleh Jigoro Kano yang sering mendapat perlakuan kasar dari teman-temannya sewaktu muda. Judo adalah pengembangan dari seni bela diri Jujutsu. Jigoro Kano mengembangkan sistem sapuan dan lemparan dalam dalam teknik pertarungan ini.

Judo

4. Brazilian Jiu Jitsu

Dikenal luas sebagai seni bela diri asal Brazil. Seni bela diri ini menfokuskan pada kuncian dan pertarungan di bawah (lantai). Jiu Jitsu dikembangkan oleh keluarga Gracie di awal tahun 1900 dengan meminjam beberapa teknik Judo. Jiu Jitsu dikenal mendunia saat keluarga Gracie mempertontonkan kedahsyatan seni bela diri ini dalam berbagai pertarungan bebas di dunia.

Brazilian Jiu Jitsu

5. Kungfu (Wushu)

Kungfu mempunyai arti “kemampuan untuk melakukan sesuatu”, merupakan seni bela diri yang berasal dari China. Kungfu atau Wushu, dipercaya telah ada ribuan tahun lalu di kuil Shaolin. Pada awalnya Kungfu ditujukan untuk membantu murid-murid kuil Budha mencapai titik konsentrasi selama meditasi. Kungfu dikenalkan ke dunia oleh superstar Bruce Lee.(**)

Kungfu

Sumber: Listverse, 2007


Posted in: tahukah kamu?